Spasi Iklan

­
Artikel

Pembekalan Da'i

PENDIDIKAN KADER DAI AL ANSHAR

Latar belakang
Program ini merupakan solusi terhadap susahnya mencari guru atau ustadz yang berdedikasi, berkapabilitas serta memiliki loyalitas tinggi terhadap dakwah yang diemban yayasan al anshar al islamiy.
Sebagaimana kita ketahui bahwa SDM merupakan modal yang sangat pokok dalam segala hal. Pada saat ini para pengajar dan ustadz Al Anshar masih berasal dari luar kota yang memungkinkan untuk kembali kekampung halaman masing-masing, lalu siapa yang melanjutkan? Tidak lain adalah penduduk sekitar. Oleh karena inilah kami sengaja membuka pendidikan khusus bagi penduduk asli untuk  dikader sebagai calon dai dan guru al anshar kedepannya.

Visi
Mempersiapkan peserta didik untuk dikirim belajar diUniversitas atau mulazamah dima'had Timur Tengah atau Universitas lain yang ada didalam negeri.

Misi
Membentuk jiwa seorang da'I sejati, dengan: Menghafal Al Qur'an, hadits, mutun ilmiyah, Mengajarkan bahasa arab lisan, tulisan dengan metode yang disarankan oleh ahli bahasa, Memberikan pencerahan dan motivasi yang menguatkan semangat, Membimbing santri baik didalam jam pelajaran ataupun diluar jam dengan akidah dan akhlak mulia.

Indikator Pencapaian Visi dan Misi
1. Hafal Al Qur'an Minimal 5 juz
2. Membaca Al Qur'an dengan tajwid yang benar
3. Hafal Hadits Arbain
4. Hafal matan: Albayquniyah, usul tsalatsah, al waraqat, aljazariyah.
5. Menguasai dasar bahasa arab: qiraah, percakapan, kitabah serta kaidah-kaidah nahwu dan shorof.

Dengan bekal tersebut kami berharap kepada Allah agar anak didik kami bisa melanjutkan belajar ditimur tengah baik diuniversitas ataupun ma'had-ma'had lain seperti darul hadits yang ada diSaudi dan yaman. Atau yang ada diIndonesia seperti LIPIA Jakarta,  STDI IMAM SYAFII Jember Jawa Timur dll.


Waktu KBM
Masa belajar diprogram ini tidak terbatas yaitu hingga santri melanjutkan studi atau lulus diterima dilembaga yang disebutkan diatas. belajarSenen s/d Jum'at ba'da Ashar sampai ba'da isya'.

KURIKULUM
Menggunakan metode mulazamah dengan berbagai kitab panduan yang dibaca oleh santri secara bergantian dengan beberapa penjelasan oleh pengajar, serta menghafal beberapa matan yang dipelajari sebagai berikut:
  1. Beberapa kitab bahasa pilihan dari Silsilah ta'lim lughoh al arabiyah, Nahwu al wadih, at-taqliqat syarah ajurumiyah, almulakhas.
  2. Matan jazariyah, matan usul tsalatsah, matan arbain nawawiyah, matan waraqat, matan bayquniyah.
  3. Kitab kifayatul ahyar, musthalahu alhadits, aljadid syarah kitab tauhid, syarah waraqat dll.

Semoga Allah memberikan taufiqNya dalam kemudahan dan keberhasilan program ini.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Item Reviewed: Pembekalan Da'i Rating: 5 Reviewed By: http://www.mahad-alanshar.or.id/