Spasi Iklan

­
Artikel

Learning by Doing

Learning by doing
         di sekolah tercinta
          Ma'had Al Anshar
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Bismillah
Walhamdulillah was sholatu wassalaam ala Rasulillah amma ba'du
~~~~~~~~~~~~~~~~~




🕋 Mencetak kader penghafal Al Qur'an yang mutqin, bermanhaj ahlussunnah wal jamaah dan memiliki akhlak serta adab yang mulia, bukan hanya merupakan tujuan utama, namun juga menjadi tanggung jawab dan tantangan bagi kita semua yang berada di lingkungan ma'had al anshar.

📚 Seperti kita ketahui bahwa ma'had al anshar, di samping mendidik para santri menjadi penghafal Al Qur'an dan memberikan pengajaran diniyyah, para santri juga dipersiapkan dengan materi pelajaran umum.

📖 Materi pelajaran umum ini, selain ditargetkan untuk ujian akhir ataupun UN, juga diberikan untuk menambah keterampilan dan keahlian mereka, seperti pelajaran SBK dan bahasa inggris.

📈 Namun kurikulum dari pemerintah untuk materi pelajaran UN sendiri memiliki target yang masya Allah, berat bagi murid SD zaman sekarang. Bahkan di SD negeri dengan jam belajar umum yang lebih banyak pun, mereka masih harus mengejar tambahan atau les untuk mencapai target kelulusan.

🔐 Alhamdulillah di ma'had Al Anshar yang tidak ada kewajiban mengikuti target dan sistem belajar dari DIKNAS, kita lebih bebas mengatur dan menentukan target serta sistem pembelajaran sendiri. Dengan jam tahfidz yang tetap paling banyak, diikuti pelajaran diniyyah, dan sedikit untuk pelajaran umum.

⏰ Walaupun dengan keterbatasan waktu ini, kami para guru didukung oleh para santri yang penuh semangat dalam menuntut ilmu 💪💪💪 berupaya memanfaatkan sedikit waktu ini agar pembelajaran di kelas tetap efektif, menyenangkan, dan mencapai target pemahaman terhadap materi pelajaran 🌻

🔋🔌💡🔦✂ Seperti yang kami kerjakan di kelas 6 mata pelajaran IPA pada siang hari ini, Senin 28 Oktober 2019
🎊 learning by doing 🎊
Kami membuat sendiri rangkaian listrik sederhana agar bisa mempelajari dan membedakan antara rangkaian listrik seri dan paralel.
Dengan membuatnya sendiri, kami dapat mengamati secara langsung bagaimana pengaruh rangkaian listrik yang dibuat secara seri dan paralel terhadap nyala lampu yang dihasilkan 💡💡💡💡💡

Dengan learning by doing -mempelajari sambil melakukan/mengerjakan-, sambil mengamati langsung, menjadi lebih jelas dan lebih menyenangkan bagi kami, dibandingkan jika hanya belajar secara text book, membaca dan melihat gambar rangkaian listrik tersebut kemudian membayangkan saja kira2 akan lebih terang manakah lampu pada rangkaian seri atau paralel??? 😅😅😅

🏘💡Alhamdulillah dengan learning by doing, para santripun memahami mengapa rangkaian listrik di rumah2 kita dibuat atau dirangkai secara paralel.

🎥🎞 Agar lebih memantapkan pemahaman mereka serta menciptakan kemampuan mereka dalam mentransfer ilmu yang mereka miliki, para santri akan kami latih untuk mempresentasikan hasil karya mereka.

📹💐 Jadi, tunggu video presentasi mereka in syaa Allah dua pekan lagi ya abu, ummu..🤗🤗🤗

Semoga Allah ﷻ mudahkan langkah putra putri kita dalam menggapai tujuan mulia di dunia dan akhirat kelak..




Jakarta, 29 Safar 1441 H / 28 Oktober 2019 M

🖋🖋🖋🖋🖋🖋🖋
Oleh :

Ustadzah Fitriani, S. Farm, Apt.
ummu Cakra
(Koordinator bidang akademik umum)

Artikel
www.mahad-alanshar.or.id
Next
This is the most recent post.
Posting Lama
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Learning by Doing Rating: 5 Reviewed By: Al Anshar Al Islamiy