Spasi Iklan

­
Artikel

Menghafal Matn Tuhfatul Athfal di Ma'had Al Anshar

Bismillah walhamdulilah was sholaatu wassalam'ala Rasulillah amma ba'du.




Di Ma'had Al-Anshar Al-Islamy, para santri dari mulai kelas 4 sampai kelas 6 mendapat materi pelajaran hafalan Matn Tuhfathul Athfal.

Apa sih Matn Tuhfatul Athfal itu?
Tuhfatul Athfal merupakan sebuah kutaib (buku kecil) yang ditulis oleh Asy-Syaikh Sulaiman bin Husain bin Muhammad Al-Jamzury. Tuhfatul Athfal yang secara lengkap bernama Tuhfatul Athfali wal Ghilmani fi Tajwidil Quran atau menurut sebagian ulama yang lain bernama Tuhfatul Athfali wal Ghilman fi 'Ilmit Tajwid, berisi nazhom atau syair yang berjumlah sebanyak 61 bait yang membahas sebagian inti dari disiplin ilmu tajwid. Bahasan tersebut mencakup kaidah-kaidah tajwid yang berkaitan dengan hukum-hukum dalam membaca AlQuran seperti hukum nun sakinah dan tanwin, hukum gunnah, hukum mad, dll.

Kaidah-kaidah tajwid dalam matn tersebut sifatnya baku, tidak berubah dari dahulu sampai sekarang. Sementara pemahaman yang kita dapatkan dari mempelajarinya bersifat abstrak atau tidak nampak sehingga sewaktu-waktu bisa saja terlupa.

Maka di sinilah pentingnya menghafal matn Tuhfatul Athfal. Jika suatu saat kita lupa tentang suatu faedah dalam ilmu tajwid tetapi kita hafal matn-nya, maka in syaa Allah hafalan tersebut akan membantu kita mengingat-ingat kembali tentang kaidah-kaidah yang pernah dipelajari sebelumnya.

Dan dengan menghafal matn Tuhfatul Athfal, akan memperkuat pemahaman kita tentang kaidah-kaidah ilmu tajwid, in syaa Allah.

Adapun jika pada hari ini para santri menghafalkan matn Tuhfatul Athfal tetapi sebagian dari mereka belum memahami betul apa yang dimaksud dalam setiap bait yang dihafalnya, maka in syaa Allah hafalannya akan bermanfaat bagi mereka di kemudian hari kelak.

Semoga Allah ﷻ memudahkan setiap langkah anak-anak kita para santri Ma'had Al-Anshar dalam menuntut ilmu dan menganugerahi mereka ilmu-ilmu yang bermanfat. آمين.

----------

Jakarta, 1 Rabi'ul Awal 1441 H

Oleh :

Ustadzah Ummu Fatih
(Koordinator Pelajaran Diniyah Ma'had Al Anshar)

Artikel
www.mahad-alanshar.or.id
  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Menghafal Matn Tuhfatul Athfal di Ma'had Al Anshar Rating: 5 Reviewed By: Pangestu Aji