Spasi Iklan

­
Artikel

Adab dan Sekolah

Bismillah walhamdulilah was sholaatu wassalam'ala Rasulillah amma ba'du.



Senin itu anak-anak ma'had al anshar sudah berdiri rapih di halaman sekolah. Muhadharah akan segera dimulai. Pembimbing muhadharah kali itu adalah saya sendiri. Setelah mereka berdiri rapi, muhadharah dimulai. Tibalah saatnya untaian nasihat dari pembimbing muhadharah kepada seluruh murid.

Setelah mengucapkan salam, memuji Allah dan bersalawat kepada Rasulullah shalalallahu 'alaihi wa sallam aku pandangi murid-muridku itu seraya berkata:
"Murid-murid ustadz semuanya, ustadz ingin menyampaikan tentang pentingnya adab. Adab adalah salah satu faktor terbesar dari keberkahan ilmu seseorang. Jagalah adab kalian kepada ustadz dan ustadzah disini. Niscaya ilmu kalian akan berkah dan bermanfaat bagi ummat"
begitu kurang lebih nasihat yang kuamanahkan kepada mereka.

Adab yang baik adalah hal yang seakan cukup langka kita dapati dari banyak anak sekolah saat ini. Telah banyak tersebar di media tindakan kurang ajar dari anak sekolah kepada gurunya.

Hal ini tentu membuat banyak pihak prihatin. Pendidikan di sekolah pada masa ini dianggap gagal membentuk siswa sebagai manusia yang cerdas, beradab, dan bertakwa.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Bisa jadi dikarenakan sekolah lebih berlomba-lomba meningkatkan kemampuan akademik anak didik, namun acuh terhadap attitude anak didik sehari-hari. Hal ini tak bisa terus menerus dibiarkan, sudah waktunya pendidikan Indonesia berbenah.

Pembentukan sikap yang Islami pada anak didik adalah salah satu tujuan ma'had Al-Anshar didirikan. Karenanya adab dan akhlak mulia diajarkan dan dipraktikkan oleh siswa siswinya di sekolah.

Hal ini bertujuan agar kelak siswa siswi ma'had Al-Anshar tidak hanya menjadi orang yang cerdas saja, namun juga memiliki hafalan Al-Qur'an dan akhlak yang mulia.

----------

Jakarta, 28 Rabi'ul Awal 1441 H

Oleh :

Ustadz Genta Buana Al-Bantany, AM.a
(Pengampu Halaqah Program Khusus Tahfidz)

Artikel
www.mahad-alanshar.or.id

  • Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Adab dan Sekolah Rating: 5 Reviewed By: Al Anshar Al Islamiy